Blog‎ > ‎

Setup Openfire Instant Messaging Server di CentOS 5.6

posted Jul 26, 2011, 8:24 PM by ahmad fauzi   [ updated Aug 10, 2011, 2:40 AM ]
Dalam dunia yang berubah saat ini, komunikasi terpadu, dukungan organisasi dan tim memerlukan beberapa bentuk komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan mungkin kepuasan pelanggan. 

Dalam dokumen ini, kita akan melihat cara men-setup server Instant Messaging pada CentOS 5.6 menggunakan server IM sumber bebas dan open berbasis XMPP. Untuk melanjutkan kita dapat mengatakan hal berikut tentang XMPP:

Extensible Messaging dan Presence Protocol (XMPP) merupakan open-standar protokol komunikasi untuk pesan-berorientasi middleware berbasispada XML [1]. Protokol awalnya bernama Jabber, [2] dan dikembangkan olehJabber terbuka (Extensible Markup Language) sumber komunitas pada tahun 1999 untuk, awalnya, dekat-real-time, extensible instant messaging (IM),informasi keberadaan, dan pemeliharaan daftar kontak. Dirancang untuk diperluas, protokol hari ini juga menemukan aplikasi dalam VoIP dan sinyaltransfer file.

Menurut igniterealtime.org, Openfire adalah sebuah kolaborasi real time (RTC) server berlisensi di bawah GPL Sumber Terbuka. Menggunakan protokol hanya terbuka yang banyak digunakan untuk instant messaging, XMPP (juga disebutJabber). Openfire menawarkan keamanan rock-solid dan kinerja.

Silakan mengunjungi ke http://www.igniterealtime.org/downloads/index.jsp dan download Openfire dengan mengklik tab Linux dan memilih versi rpm karena kita menjalankannya di CentOS. Kami juga akan men-download klien IM bebas yang dikembangkan oleh pengembang Openfire yaitu Spark. Pada halaman download, klik pada Linux dan pilih versi rpm atau klik pada tab Windows dan pilih versi exe dengan asumsi Anda memiliki lingkungan dual boot.



Instalasi OpenFire

Copy rpm file OpenFire dan jalankan perintah:

rpm -Uvh openfire-3.7.0-1.i386.rpm

Perintah ini akan menginstal Openfire yang akan terpasang pada port 9090. Sekarang buka web browser dan arahkan ke http:// {OpenFire_Server_IP: 9090} yang seharusnya membawa Anda ke layar instalasi. Ikuti semua pilihan default dan harus membawa Anda ke layar Login ditunjukkan di bawah ini:






Konfigurasi Spark Client

Ketika anda men-download klien Spark, instalasi bisa langsung dilakukan. Instalasi Openfire yang kita lakukan menerima pendaftaran siapa pun yang berarti bersifat terbuka, dapat mendaftar atau setup account.

Untuk mengkonfigurasi Klien Spark, cukup klik pada account dan isi berikut:

Username: Masukkan username yang diinginkan disini misalnya muffycompo
Password & Confirm Password: Masukan password yang Anda inginkan dan konfirmasi di sini misalnya h4rds3cr3t
Server: Masukan IP Anda di sini atau domain jika Anda menggunakan infrastruktur DNS





Comments