Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

  • 5 Tayangan TV Ini Banyak Diadukan Warga Saat Ramadan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Dadang Rahmat Hidayat mengungkapkan setidaknya ada lima tayangan yang selama Ramadan paling banyak diadukan masyarakat. Meski begitu, KPI mencatat ada total 107 keluhan datang lewat ...
    Posted Jun 19, 2012, 2:37 AM by ahmad fauzi
  • H. M. Lukminto Masuk Islam Karena Mimpi Sedang Sholat SOLO - Seorang Raja Tekstil, tentunya berpenampilan superserius. Tetapi, tidak begitu dengan H Muhammad Lukminto. Pria ramah dan suka bercanda kelahiran Kertosono, Nganjuk, Jatim, 1 Januari 1946 tersebut mengawali suksesnya dari ...
    Posted Aug 17, 2011, 8:30 PM by ahmad fauzi
  • Puasa Netralkan Racun Dalam Tubuh BOGOR - Guru besar ilmu gizi Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hardinsyah, Sabtu di Bogor mengatakan, puasa dapat menimbulkan detoksifikasi atau penetralan dan pengeluaran racun yang ...
    Posted Aug 15, 2011, 2:21 AM by ahmad fauzi
  • Teh Khasmir, Pilihan Muslim Bihar untuk Berbuka Puasa PATNA - Penjualan teh khusus asal Khasmir meningkat selama Ramadhan di Patna, negara bagian Bihar, India. Pasalnya, umat Muslim di kota itu selama bulan suci Ramadhan lebih memilih untuk berbuka puasa ...
    Posted Aug 15, 2011, 2:17 AM by ahmad fauzi
  • Subhanallah... 76 Kristen Filipina Ucap Dua Kalimat Syahadat DUBAI - Rodelito, seorang warga negara Filipina yang merupakan penganut Kristen, mengenakan pakaian terbaiknya untuk menyaksikan perubahan hidupnya sendiri yang telah membulatkan tekad masuk Islam. Rodelito merupakan salah satu dari 76 ...
    Posted Aug 15, 2011, 2:11 AM by ahmad fauzi
  • Sotong Pangkong, Hidangan Kenyal Nan Lezat PONTIANAK - Usai salat tarawih, kawasan Jalan Merdeka Barat, Pontianak, Kalimantan Barat, tampak ramai. Sejumlah warga setempat mengisi waktu santai dengan menikmati hidangan sotong pangkong yang dijajakan puluhan pedagang di lokasi ...
    Posted Aug 15, 2011, 12:30 AM by ahmad fauzi
  • Gadis Kini dan Gadis Masa Lalu JAKARTA - Gadis masa lalu tidak keluar dari rumahnya sendirian. Dia hidup di antara dinding menanti hari di mana seseorang suami akan menyertainya menuju rumah tangga. Kalau kebetulan gadis itu dari ...
    Posted Aug 14, 2011, 11:22 PM by ahmad fauzi
  • Umroh, Donita Dapat Mukjizat Air Zamzam JAKARTA - Berbagai macam cerita biasanya menyertai orang yang baru pulang dari mengunjungi Tanah Suci Mekah. Artis sinetron Donita pun tak mau kalah. Ia kabarnya mendapat mukjizat di sana. Benarkah? Donita ...
    Posted Aug 14, 2011, 11:15 PM by ahmad fauzi
  • Masjid Jawa di Bangkok, Aroma Indonesia di Negeri Gajah Putih JAKARTA - Meskipun sebagian besar penduduk Negeri Gajah Putih beragama Budha, bukan berarti tak ada komunitas Muslim di sana. Beberapa komunitas Muslim ini pun bertalian dengan Indonesia. Jika Anda sedang berada ...
    Posted Aug 14, 2011, 11:11 PM by ahmad fauzi
Showing posts 1 - 9 of 32. View more »

5 Tayangan TV Ini Banyak Diadukan Warga Saat Ramadan

posted Aug 23, 2011, 1:43 AM by ahmad fauzi   [ updated Jun 19, 2012, 2:37 AM ]

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Dadang Rahmat Hidayat mengungkapkan setidaknya ada lima tayangan yang selama Ramadan paling banyak diadukan masyarakat. Meski begitu, KPI mencatat ada total 107 keluhan datang lewat surat, e-mail, hingga pesan pendek.

Pertama, masyarakat paling sering mengadukan adanya tayangan azan magrib yang menampilkan iklan. "Iklan sambil azan membingungkan," kata Dadang, Senin, 22 Agustus 2011.

Ditambahkan Nina Armando, Wakil Ketua KPI, surat masyarakat menyatakan tayangan iklan saat azan mencampuradukan format isi siaran. Jadi, timbul ketidakpastian atas format isi siaran tersebut.

Hal ini, kata Nina, juga tidak sesuai dengan panduan Pedoman Perilaku Penyiaran Standar Program Siaran KPI. Dalam panduan tersebut dinyatakan bahwa suatu siaran harus menunjukkan penghormatan terhadap nilai dan ajaran agama. Solusinya, "Kan bisa sebelum atau sesudah azan," ujar dia.

KPI telah memberi imbauan dan peringatan kepada sejumlah stasiun TV yang menayangkan iklan dalam azan. Stasiun TV yang dimaksud adalah TVOne, TransTV, SCTV, dan Global TV. "TVOne paling banyak diadukan," ujar Nina.

Namun kebanyakan mereka bergeming. TransTV, misalnya, tidak hirau terhadap peringatan itu. "Setelah peringatan tidak berubah," kata Nina. Sebaliknya, SCTV merespons peringatan KPI dengan menghilangkan iklan dalam azan.

Mengenai hal ini, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrarur Niam mengatakan butuh kajian lebih dalam. Sebab keberadaan iklan tidak terkait langsung dengan keabsahan pelaksanaan azan. Ia menganalogikan, "Buku keagamaan yang di belakangnya ada cover iklan. Ini perlu dikaji lagi."

Kedua adalah tayangan Saatnya Kita Sahur. Acara TransTV ini disebut KPI menyuguhkan lawakan yang merendahkan. Hal itu, kata Nina, terlihat dari ejekan Olga Syahputra kepada tokoh komedian lain di dalamnya, Minus, yang berasal dari Papua dan berwarna kulit gelap. "Kami apresiasi teman dari Papua ditampilkan di situ untuk keragaman. Tapi tidak untuk menjadi bahan olokan," ucap Nina.

Ketiga adalah acara Sahur Semua Sahuuur. Program siaran RCTI ini dipandang menampilkan lawakan yang tidak pantas. Misalnya, olok-olok Komeng kepada kondisi fisik Ucok Baba yang mungil. Asrarur menanggapi, "Tentang aspek hujatan, makian, pendirian MUI sudah jelas (melarang)."

Keempat, Pemilihan Dai Cilik (Pildacil). Menurut Nina, masyarakat menyayangkan jam tayang Pildacil yang melewati waktu salat. "Jam tayang Pildacil saat salat tarawih," ujar dia. "Make-up pengisi acaranya juga kan enggak boleh rusak. Karena itu, hampir bisa dipastikan mereka tidak ibadah," katanya lagi.

Peringkat kelima ditempati iklan oli Top 1 Action Matic. Iklan ini dinilai menampilkan gambar perempuan yang tidak layak tayang. Aksi perempuan dalam iklan juga dianggap tidak berhubungan dengan produk Top 1 sendiri.

H. M. Lukminto Masuk Islam Karena Mimpi Sedang Sholat

posted Aug 17, 2011, 8:23 PM by ahmad fauzi

SOLO - Seorang Raja Tekstil, tentunya berpenampilan superserius. Tetapi, tidak begitu dengan H Muhammad Lukminto. Pria ramah dan suka bercanda kelahiran Kertosono, Nganjuk, Jatim, 1 Januari 1946 tersebut mengawali suksesnya dari sebuah tempat kecil di Pasar Klewer.

Dari tempat itulah, teman masa kecil Harmoko, mantan menteri pene rangan di era Soeharto ini mengawali sukses.

“Saya terjun ke bidang bisnis dan industri tekstil. Kisah saya jadi industriawan dan pengusaha tekstil yang sukses saya mulai ketika menjadi pedagang tekstil kecil-kecilan di Pasar Klewer, Surakarta. Waktu itu saya wira-wiri menjual teks til eceran. Dulu semuanya saya kerjakan sendiri. Mulai membeli kain dan benang di Surabaya, lalu menagih hingga mewarnai kain itu sampai tangan dan jari saya penuh bahan pewarna,” ujar Lukminto sambil memperlihatkan jemarinya kepada wartawan Koran JITU di rumahnya yang bak istana dikawasan Baron, Solo.

Lalu, meningkat sampai mempunyai sebuah kios tetap,” ujar Lukminto. Dia sepertinya memang cocok berbisnis tekstil. Sehingga akhirnya bisa membuka pabrik kecil di sekitar Baturono, Jalan Kiai Maja, Surakarta. Pabriknya saat itu kecil. Tetapi menjadi embrio lahirnya PT Sri Rejeki Isman, yang kini berdiri megah di Sukoharjo. Karyawan yang bekerja di sini kurang lebih 20.000 orang.

Pada tanggal 3 Maret 1992, pabrik tersebut turut diresmikan oleh Soeharto bersama 275 pabrik aneka industri lainnya di dae rah Surakarta, Jawa Tengah. Bukan main bangganya Lukminto ketika itu.

Sejak saat itu, PT Sritex berkembang dengan sangat pesat. Lukminto yang sebelumnya peda gang kain eceran di Pasar Klewer, kini memimpin sebuah perusahaan besar.

Namun, apakah dia mendapatkan semua itu tiba- tiba ? Tidak. Butuh perjuangan berat dan berliku sebelum akhirnya, pria yang masuk Islam sejak 11 Maret 1994 ini, punya hak menyandang gelar Raja Tekstil.

“Saya masih ingat, pulang sekolah, saya dan kakak langsung berdagang makanan-makanan kecil, seperti kacang goreng, permen, rokok, dan lainnya. Kedua orang tua kami selalu menekankan agar kelak ha rus menjadi orang berkecukupan.

Sebab jadi orang miskin itu tidak enak, selalu jadi cemoohan dan hinaan orang serta susah membantu orang lain sekaligus bersedekah. Begitu pesan mereka. Kami pun selalu dididik untuk tidak boleh puas terhadap perolehan yang kami dapat. Kalau perolehan yang kami dapat hari ini sama dengan yang kemarin, itu berarti rugi,” ujar Lukminto.

Karena dicambuk oleh hal-hal yang seperti itu, Lukminto tumbuh menjadi anak yang mandiri dan ulet. Tidak ada cita-cita muluk sebagaimana lazimnya anak seusianya ketika itu. Misalnya menjadi pegawai negeri, ABRI, polisi, pilot, dokter dan lain-lain. Impiannya hanya satu. Bercita-cita jadi menjadi seorang pebisnis sukses.

“Sebab, saya tahu diri. Dulu, sebagai WNI keturunan, nasib kami nyaris ditentukan oleh usaha dan keuletan kami sendiri. Setelah beranjak re maja, saya semakin sadar bahwa posisi kami kurang beruntung dibandingkan saudara-saudara kami lainnya.

Kami tak bisa jadi ABRI, kami tak boleh jadi pegawai negeri. Padahal kami sudah lahir di negeri ini, dan mencintai negeri ini sama besarnya seperti saudara-saudara kami dari sukusuku lainnya di Nusantara ini,” kata pria yang sejak lama bersahabat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

JADI MUALAF SAAT PERINGATAN SUPERSEMAR

Tentang keislamannya, Lukminto punya kisah sendiri. Semua berawal dari kekosongan hatinya setelah menyandang gelar Raja Tekstil.

Sejak itu, Lukminto jadi pendiam. Ia jadi lebih suka merenung dan berpikir tentang dirinya sendiri dan mulai suka mengikuti siaran mimbar agama Islam yang ditayangkan TVRI . Begitu tenggelamnya Lukminto dalam perenungan, hingga suatu malam, tepatnya tanggal 10 Januari 1994 bertepatan malam 27 Rajab (Isra Mi ‘raj), saat bermalam di vila nya di Tawangmangu, Karanganyar.

Ia bermimpi diberikan sehelai sajadah oleh teman karibnya ,” Saya disuruh melaksanakan shalat. Saya nggak bisa shalat, jawab saya. Lalu, teman saya memberi contoh bagaimana caranya shalat. Setelah paham, saya pun disuruh mengulangi gerakan shalat yang ia peragakan.

Shalatlah kamu, kata teman saya itu. Lalu, saya pun shalat. Tapi, baru separo jalan, saya terjaga. Ternyata, itu hanya mimpi, “ kata Lukminto. Sejak bermimpi itu, Ia jadi gelisah. Isteri nya pun sempat bingung melihat dirinya, namun, Ia tak menceritakan mimpi itu kepadanya.

Cukup lama Lukminto merahasiakan kejadian mimpinya itu . Tapi lama-lama Ia tak tahan juga untuk tidak bercerita. Kebetulan, lanjut Lukminto, Ia mempunyai tukang pijat pribadi, namanya Pak Edi.

Ia seorang muslim yang taat. Saat Lukminto minta dipijat olehnya, Ia pun menceritakan mimpi itu kepadanya. “ Mende ngar cerita mimpi itu Pak Edi spontan bergumam, Subhanallah, insya Allah tak lama lagi Bapak akan masuk Islam, katanya mantap. Benarkah? tanya saya. Insya Allah, jawab Pak Edi ,” kata menceritakan kisah masuk islamnya kepada Koran JITU Sejak itu, Lukminto pun mulai dibimbing untuk melaksanakan shalat, dan mengikuti mengikuti saran Pak Edi untuk berkhitan.

Namun, kata Lukminto semua itu dilakukan secara sembunyisembunyi. Bahkan Ia dikhitan di Jakarta. Ketika masuk bulan suci Ramadan, Ia pun ikut melaksanakan ibadah puasa dan mengeluarkan zakat.

Karena sudah merasa mantap dengan pilihan hatinya, Pak Edi menyarankan agar keislamannya itu harus segera diproklamirkan. Alasannya, agar semua orang tahu bahwa Lukminto sudah muslim. “ “ Saran tukang pijat saya itu pun saya terima dan pada tanggal 11 Maret 1994 bertepatan dengan peringatan Supersemar, saya mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat di hadapan umat Islam dan karyawan PT Sritex, dibimbing oleh pemimpin Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustadz H. Moh. Amir, S.H., “ pria yang suka blak-blakan ini kalau bercerita Hingga sekarang, Lukminto benar-benar sukses mewarnai dunia dengan kain, garmen dan benang yang diekspornya.

Meski sudah mewariskan usahanya ke generasi berikutnya, Lukminto masih sering terjun langsung ke Sritex. Bahkan, masih ada beberapa meeting yang juga dipimpinnya sendiri.

“Saya tidak merasa bekerja keras. Saya kerjakan apa yang bisa saya kerjakan,” ujar Lukminto ketika ngobrol bareng Koran JITU ditemani para pejabat teras PT Sritex di ruang meeting perusahaannya yang sederhana di Jalan KH Samanhudi, Jetis, Sukoharjo.


BIOGRAFI

Lahir: Kertosono, Nganjuk, Jatim
Tanggal: 1 Januari 1946
Istri: Ny Susyana
Anak:
1. Vonny Imelda Lukminto
2. Iwan Setiawan
3. Lenny Imelda Lukminto
4. Iwan Kurnawan Lukminto
5. Margaret Imelda Lukminto

Puasa Netralkan Racun Dalam Tubuh

posted Aug 15, 2011, 2:20 AM by ahmad fauzi

BOGOR - Guru besar ilmu gizi Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hardinsyah, Sabtu di Bogor mengatakan, puasa dapat menimbulkan detoksifikasi atau penetralan dan pengeluaran racun yang terdapat dalam tubuh.

Detoksifikasi adalah proses penetralan dan pengeluaran untuk meminimalkan bahkan menghilangkan toksin dari dalam tubuh atau lebih dikenal sebagai "internal cleansing". Proses ini bermanfaat untuk membuang segala macam zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Organ detoks utama dalam tubuh adalah hati, ginjal, paru-paru, sistem limpatik dan kulit. Tubuh terdiri dari rangkaian organ yang saling berhubungan, maka manfaat yang optimal akan diraih bila detoks dilakukan secara terintegrasi dengan latihan fisik atau olahraga yang memicu pengeluaran keringat.

"Yang paling penting adalah latihan mental dan spiritual seperti puasa sebagai ibadah. Detoks yang terakhir ini tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga dapat memurnikan bahkan meningkatkan sensitivitas pikiran, perasaan dan spiritual kita. Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Racun yang terdapat dalam tubuh bisa dinetralkan atau dikeluarkan dengan berpuasa," papar Prof Dr Hardinsyah.

Lebih lanjut Prof Hardinsyah yang pernah menjabat sebagai Dekan FEMA IPB mengutarakan, setiap hari tubuh manusia tercemar toksin atau racun baik dari sisa hasil metabolisme yang tidak diharapkan maupun dari luar tubuh manusia melalui makanan, minuman dan udara.

"Semakin banyak polusi udara di lingkungan dan semakin banyak kita memperoleh toksin dari makanan dan minuman, maka semakin besar peluang tubuh kita menumpuk toksin, sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit," terang Prof Hardinsyah.

Gejala yang paling sederhana bahwa di dalam tubuh kita banyak terdapat racun adalah keringat berbau tak sedap, mudah pusing, mual, mengantuk dan badan terasa lemas meski telah banyak makan, paparnya.

Dia menegaskan, pola makan yang salah atau perilaku tidak sehat akan memicu produksi toksin yang membahayakan dalam tubuh.

Puasa sebulan yang dilakukan setiap tahun dapat dijadikan arena ibadah sambil meraih manfaat detoks secara berkala, yang dapat menormalkan kembali proses-proses metabolisme alami tubuh, memurnikan atau membersihkan darah dan cairan tubuh, meminimalkan peradangan, mempercepat peremajaan sel, mengoptimalkan kerja organ-organ penting tubuh, serta melancarkan sirkulasi darah dan sistem pengeluaran tubuh melalui fases, urine dan keringat. [-republika-]

Teh Khasmir, Pilihan Muslim Bihar untuk Berbuka Puasa

posted Aug 15, 2011, 2:14 AM by ahmad fauzi

Teh Kashmir
PATNA - Penjualan teh khusus asal Khasmir meningkat selama Ramadhan di Patna, negara bagian Bihar, India. Pasalnya, umat Muslim di kota itu selama bulan suci Ramadhan lebih memilih untuk berbuka puasa dengan minum teh Kashmir, atau masyarakat setempat menyebutnya teh shir, bukan air minum biasa.

Teh ini telah mendapatkan popularitas di kota Patna. Sebagian meyakini, teh shir memberi mereka energi baru dan membantu untuk merevitalisasi tubuh.

Mohamad Sabbaruddin, pembuat teh yang sudah menekuni bisnis ini selama 40 tahun terakhir, menunjukkan bahwa umat berpuasa selama bulan ini merasa lemah setelah kelaparan sepanjang hari. Tehnya, membantu mereka untuk mengembalikan energi.

Dia mengatakan persiapan teh ini membutuhkan proses yang panjang. "Teh yang kita buat dibuat dengan daun teh Kashmir. Jadi, ini sebenarnya adalah teh Kashmir. Kami juga menyebutnya 'teh shir," katanya.

Penikmatnya menyatakan teh ini berbeda dari teh biasa karena memiliki banyak buah-buahan kering dan rempah-rempah yang ditambahkan ke dalamnya, yang membuatnya menjadi sangat menyegarkan.

"Perbedaan antara bentuk-bentuk lain dari teh adalah bahwa, dalam teh ini, berbagai rempah-rempah dan buah-buahan kering ditambahkan untuk meningkatkan cita rasanya. Biasanya, minuman teh ya hanya terdiri dari air dan daun teh saja," kata Mohamad Ilam, salah satu penggemar teh shir.

Yang menarik, untuk menikmati teh shir ini, mereka jarang menyiapkannya sendiri di rumah. Menjelang buka, kaum Muslim mengunjungi pasar untuk menikmati teh Kashmir. [-republika-]

Subhanallah... 76 Kristen Filipina Ucap Dua Kalimat Syahadat

posted Aug 15, 2011, 2:08 AM by ahmad fauzi

Rodelito, seorang warga negara Filipina penganut Kristen yang memutuskan masuk Islam
DUBAI - Rodelito, seorang warga negara Filipina yang merupakan penganut Kristen, mengenakan pakaian terbaiknya untuk menyaksikan perubahan hidupnya sendiri yang telah membulatkan tekad masuk Islam. Rodelito merupakan salah satu dari 76 warga Kristen Filipina yang masuk Islam.

Peristiwa besar tersebut berlangsung dalam acara Forum Ramadhan yang digagas Departemen Pariwisata dan Bagian Pemasaran Dubai pada Sabtu (13/8) pekan lalu. Dengan nada yang agak gugup, Rodelito dengan tegas mengucap dua kalimat syahadat, yang menjadi pembuka seorang menjadi Muslim, di atas panggung.

Ia pun langsung berganti nama menjadi Omar Penalber. Tak lama, seorang penceramah Filipina menuju ke arah mikrophone dan meneriakkan 'takbir'. Mendengar ajakan tersebut, para saksi yang hadir dalam acara tersebut merespon teriakan tersebut dengan mengucap 'Allahu Akbar.'

Banyak dari para Mualaf bertanya-tanya terkait isu-isu sosial seperti kenapa seorang Muslimah harus mengenakan Jilbab. Bagi mereka yang telah memeluk Islam juga mendapat sedikit bingkisan berupa, sebuah jam yang dapat mengumandangkan adzan saat shalat lima waktu tiba, sejadah dan parfume.

Rodelito mengatakan bahwa dirinya telah berpikir panjang atas keputusannya untuk masuk Islam. "Saya merasakan sangat baik," ujarnya dengan meantap seraya menaruh tangannya di dadanya. [-republika-]

Sotong Pangkong, Hidangan Kenyal Nan Lezat

posted Aug 15, 2011, 12:24 AM by ahmad fauzi


PONTIANAK - Usai salat tarawih, kawasan Jalan Merdeka Barat, Pontianak, Kalimantan Barat, tampak ramai. Sejumlah warga setempat mengisi waktu santai dengan menikmati hidangan sotong pangkong yang dijajakan puluhan pedagang di lokasi itu.

Para pedagang sotong pangkong itu hanya muncul saat Ramadan. Tak heran jika banyak warga yang memanfaatkan momen ini untuk menyantap sotong pangkong sambil berkumpul dengan keluarga serta kerabat.

Bahruddin, 42 tahun, warga Jalan Kota Baru, Pontianak Selatan, misalnya. Dia kerap mendatangi warung makanan khas Pontianak itu bersama keluarganya. “Biasanya setelah berbuka puasa dan pulang salat tarawih saya bersama keluarga langsung pergi ke Jalan Merdeka ini untuk menikmati sotong pangkong ini,” ujarnya.

Menurut dia, kebiasaan itu telah dilakukan sejak 10 tahun lalu. “Rasanya kurang nikmat setelah berbuka puasa tidak menikmati sotong pangkong ini dengan rasa cabenya yang khas,” ujar Bahruddin.

Sotong pangkong merupakan makanan yang diolah dari sotong atau cumi-cumi kering. Sotong itu lalu dibakar di atas bara api dari arang kelapa atau kayu. Setelah itu, sotong dipangkong atau dipukul-pukul agar daging cumi yang keras setelah diasinkan menjadi kenyal dan mudah dinikmati. Agar terasa lebih nikmat, sotong pangkong disajikan dengan kuah kacang atau kuah asam pedas manis.

Makanan ini banyak muncul di bulan Ramadan. "Kalau di bulan lain sulit mendapatkan sotong pangkong, mungkin berkah di bulan Ramadan," tutur Bahruddin.

Saleh, 37 tahun, pedagang sotong pangkong, mengemukakan hal yang sama.
“Sotong Pangkong hanya bisa dinikmati pada saat bulan puasa saja,” ujarnya, Senin, 8 Agustus 2011.

Menurut Siti, 44 tahun, pedagang sotong pangkong, panganan ini digemari dan laku dijual pada bulan Ramadan. "Kalau di bulan-bulan lain kurang diminati dan pembelinya pun kurang dibandingkan pada saat bulan puasa,” ujarnya.

Banyaknya pembeli sotong pangkong di bulan puasa ini memberi berkah buat para pedagang. Siti, misalnya, bisa menjual satu hingga dua kilogram sotong kering per hari. Satu ekor sotong dijualnya seharga Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu. “Lumayan, pendapatan kotor bisa mencapai Rp 200 ribu per malam, dengan keuntungan bersih Rp 760 ribu hingga Rp 90 ribu lebih,” ujar Siti.

Para pedagang mulai membuka lapaknya sekitar jam 5 sore hingga tengah malam. “Saya bersyukur pembeli selalu ramai. Semoga saja penikmat sotong pangkong ini (terus ramai) hingga akhir bulan Ramadan,” ujar Saleh yang menekuni usaha turun-temurun ini sejak 5 tahun lalu. [-tempointeraktif-]

Gadis Kini dan Gadis Masa Lalu

posted Aug 14, 2011, 11:20 PM by ahmad fauzi

JAKARTA - Gadis masa lalu tidak keluar dari rumahnya sendirian. Dia hidup di antara dinding menanti hari di mana seseorang suami akan menyertainya menuju rumah tangga. Kalau kebetulan gadis itu dari keluarga modern, maka dia diizinkan bersama seorang 'penjaga perempuan' yang dipercaya oleh keluarga guna menyertainya ke rumah sahabat sang gadis atau kerabatnya. Tetapi si penjaga harus selalu siap di sampingnya sampai ia mengembalikan gadis itu ke rumah.

Gadis masa kini berontak terhadap penjara yang mengurungnya dan menghancurkan besi yang memagarinya. Dia keluar sendirian menuju dunia bebas untuk membuktikan bahwa dia pantas mendapatkan kebebasan, dan bahwa dia mampu memelihara dirinya dari 'serigala-serigala' yang berkeliaran dalam masyarakat. Kita bertanya, apakah gadis masa kini selamat dari gangguan serigala? Apakah dia mampu memelihara dirinya sebagaimana sipelihara oelh penjaganya kemarin?

Dr Robert Thomson pakar sosiologi terbesar di Inggris berkata, "Gadis masa kini gagal menjaga dirinya." Dia menasihati para ibu dan bapak agar kembali pada peraturan lama dan tidak mengizinkan seorang gadis keluar sendirian kecuali dalam penjagaan seorang penjaga perempuan yang terpercaya, atau dalam penjagaan ibu dan bapaknya.

Pakar itu berkata, "Penggembala yang mahir pun masih meminta bantuan anjing yang terpercaya untuk menjaga kambing-kambingnya dari serigala. Sungguh satu keluguan bila kita menjaga kambing-kambing kita, tetapi tidak menjaga gadis-gadis kita."

Tetapi, apakah nasihat-nasihat di atas dapat dipraktikan? Apakah kondisi keuangan orang tua –dewasa ini- memungkinkan untuk menetapkan seorang penjaga bagi setiap gadis? Bisakah kita mengembalikan jarum jam ke belakang? Kalaupun kita mampu 'memenjarakan' gadis, apakah ada jaminan serigala tidak memanjat melalui jendela, atau gadis itu yang turun sembunyi-sembunyi melalui jendela?

Untuk menghindari banyaknya tabrakan mobil dewasa ini, bukanlah dengan kembali mengendarai unta di jalan-jalan raya! Cara satu-satunya membentengi gadis masa kini dari serigala-serigala adalah mengajar dan mendidik mereka, membuka mata dan memperluas wawasan mereka, dan mendorongnya untuk percaya pada ibunya.

Kita harus mengajarnya tentang perbedaan antara kebebasan dan lepas kendali, dan antara cara-cara serigala serta manuver unta dan domba. Ada pun menetapkan panjaga buat para gadis dewasa ini, maka itu adalah upaya lugu yang sia-sia karena dewasa ini mendidik serigala lebih mudah daripada mengurung domba-domba (Ali Amin, Kolom 'Fikrah', Koran al-Akhbar Cairo, 6 Oktober 1959)

(Sumber buku: Yang Ringan yang Jenaka – M Quraish Shihab)

Umroh, Donita Dapat Mukjizat Air Zamzam

posted Aug 14, 2011, 11:13 PM by ahmad fauzi

JAKARTA - Berbagai macam cerita biasanya menyertai orang yang baru pulang dari mengunjungi Tanah Suci Mekah. Artis sinetron Donita pun tak mau kalah. Ia kabarnya mendapat mukjizat di sana. Benarkah?

Donita rupanya sempat sakit sebelum pergi umroh. Sesampainya di sana, ia dibasuh air zam-zam dan sakitnya langsung hilang.

"Di sana aku ngalami mukjizat, niat aku ibadah dan aku sempat sakit. Aku basuh air zam-zam, alhamdulillah aku sembuh," ujar Donita saat ditemui dalam acara buka bersama dan santunan anak yatim di kantor MD entertainment, Tanah Abang, Minggu (14/8/2011) malam.

Sembilan hari di sana, ia pun ingin mendapatkan kesempatan untuk kembali dan menunaikan ibadah haji. Donita tak lupa memanjatkan doa untuk rezeki dan jodoh.

"Amin, semua dari hati, bisa segera dipanggil (naik haji). Aku pingin sehat, aku dikasih rezeki dan jodoh," harapnya. [-detik-]

Masjid Jawa di Bangkok, Aroma Indonesia di Negeri Gajah Putih

posted Aug 14, 2011, 11:09 PM by ahmad fauzi

JAKARTA - Meskipun sebagian besar penduduk Negeri Gajah Putih beragama Budha, bukan berarti tak ada komunitas Muslim di sana. Beberapa komunitas Muslim ini pun bertalian dengan Indonesia. Jika Anda sedang berada di Bangkok, sempatkanlah untuk berkunjung ke Masjid Jawa yang terletak di Sathorn District.

Untuk menuju tempat tersebut, Anda bisa menggunakan BTS ke Surasak dan bertanya pada penduduk sekitar lokasi surau (masjid). Masjid Jawa ini berada di Kampung Jawa. Meski namanya Kampung Jawa, namun sudah tidak banyak penduduk di sana yang bisa berbahasa Jawa.

"Dulu saya bisa bahasa Jawa, sekarang sudah lupa," tutur Ibu Asmi dalam bahasa Indonesia kepada mahasiswi asal Indonesia, Ria Permana Sari, yang tengah ngabuburit di sana pekan lalu.

Asmi dahulu tinggal di Kampung Jawa, namun kini menetap di Ramkaheng. Ayah ibu Asmi berasal dari Jawa, sementara ibunya dari Singapura. Beliau tidak tahu pasti di daerah mana tepatnya Ayahnya berasal. Asal usul kampung Jawa tidak bisa dilepaskan dari perang dunia II dimana banyak orang Jawa yang dijadikan romusha oleh Jepang dan dikirim ke luar pulau atau bahkan ke negara lain (termasuk Thailand).

Ria menuturkan, tidak jauh dari Masjid Jawa, terdapat pekuburan Muslim dan juga madrasah untuk belajar mengaji. Di dalam masjid terdapat bedug, namun karena sudah ada pengeras suara, bedug tersebut tidak dipergunakan lagi.

Sambil menunggu adzan maghrib, tidak ada salahnya ngabuburit di Kampung Jawa. Di sepanjang jalan terdapat banyak penjual makanan halal, dan Anda pun bisa berbuka puasa di Masjid Jawa. Setelah berbuka, ada salat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan makan malam.

Secara bergiliran, sambung Ria, masyarakat di sana menyediakan hidangan buka puasa tak ubahnya di Indonesia. Uniknya, semua makanan dihidangkan disajikan dalam 1 nampan besar untuk 1 meja yang berisi 4 orang, sehingga terasa sekali kebersamaannya.

11 Masjid Terindah di Dunia

posted Aug 14, 2011, 8:36 PM by ahmad fauzi

JAKARTA - Ada banyak masjid yang dibangun di berbagai belahan dunia. Mulai dari masjid yang kecil, sederhana, besar sampai megah. Masing-masing punya keistimewaan dan keindahan tersendiri.

Namun dari semua masjid, ada beberapa yang dianggap paling megah dan memiliki sejarah menarik tersendiri. Berikut ini 11 masjid terindah di dunia seperti dikutip dari Most Interesting Facts dan Latest Top Ten.


1. Masjid Sultan, Singapura


Masjid Sultan terletak di Muscat Street dan North Bridge Road, Distrik Kampung Glam Rochor, Singapura. Dikutip dari Most Interesting Facts, masjid ini diketahui sebagai salah satu tempat ibadah utama umat Muslim di Negeri Singa. Sejak didirikan, hanya ada sedikit pengembangan di Masjid Sultan yaitu di hall utama pada 1960 dan dibangun ruang tambahan pada 1993. Rasanya memang tidak perlu terlalu banyak perubahan pada masjid yang menjadi monumen nasional pada 14 Maret 1975 ini, karena bangunannya yang sudah kokoh, indah dan cukup megah.


2. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia



Masjid kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Aceh ini merupakan salah satu bangunan yang masih berdiri kokoh pasca diterjang tsunami 26 Desember 2004 silam. Salah satu masjid terindah di Indonesia dan dunia ini awalnya dibangun khusus untuk Kesultanan Aceh. Keistimewaan masjid ini terdapat pada keindahan bentuk, ukiran-ukiran atraktif dan halaman yang sangat luas. Banyak orang yang pernah berkunjung, mengaku merasakan hawa kesejukan saat berada di dalam masjid ini.


3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam



Masjid ini dibangun untuk Kesultanan Brunei yang berlokasi di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Masjid ini termasuk salah satu yang paling spektakuler di Asia Pasifik, dan menjadi daya tarik utama bagi para turis. Masjid Omar Ali Saifuddin juga dianggap para masyarakat Brunei sebagai simbol keagungan negara mereka.


4. Masjid Zahir, Kedah, Malaysia



Masjid Zahir dibangun pada 1912 oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Tujuan pembangunan masjid ini dimaksudkan sebagai makam para prajurit Kedah yang gugur saat mempertahankan Kedah dari perebutan Siam pada 1821. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Azizi di Kota Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Ciri khas masjid ini adalah adanya lima kubah yang menyimbolkan lima rukun Islam.


5. Masjid Sultan Ahmet, Turki



Tempat ibadah yang juga dikenal dengan Masjid Biru ini memiliki enam menara. Kerumitan arsitektur menjadi daya tarik masjid yang terletak di Istanbul, Turki ini. Disebut Masjid Biru, karena pada sore menjelang malam, bagian atas setiap menara dan kubah-kubah menjadi berwarna kebiruan. Bukan itu saja, interior masjid ini juga dihiasi ubin-ubin warna biru yang sangat indah.


6. Masjid Badshahi, Delhi, India



Dalam bahasa Inggris, Badshahi berarti masjid kepunyaan raja. Dilansir Latest Top Ten, eksterior masjid yang dibangun pada masa Kesultanan Mughal ini, seluruhnya terbuat dari batu pasir merah; kecuali tiga kubah bulat, serta lengkungan kubah dari menara yang berbentuk segi delapan --terbuat dari batu marmer. Masjid yang terletak di Delhi ini, memiliki halaman yang disebut-sebut paling luas di antara masjid yang pernah dibangun di dunia. Bisa dibilang, masjid ini menjadi saksi kemegahan dan kejayaan Kerajaan Mughal pada abad 17.


7. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan



Masjid Faisal terletak di sebelah paling utara Islamabad, ibukota Pakistan. Namanya diambil dari nama pendirinya, Raja Faisal Bin Abdul Aziz dan ditetapkan sebagai Masjid Nasional Pakistan. Tidak seperti masjid di Asia pada umumnya, Masjid Faisal tidak memiliki kubah maupun arca. Bentuknya yang tidak biasa, terinspirasi dari tenda yang didirikan salah satu suku Arab, Bedouin. Ruang salat utama berbentuk seperti segitiga besar dan menara dibuat meruncing ke atas. Sedikit dipengaruhi oleh gaya bangunan Turki, Masjid Faisal termasuk salah satu gambaran masjid dengan desain arsitektur.


8. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia



Dalam bahasa Arab, Istiqlal mengandung arti merdeka, karena memang dibangun sebagai perayaan dan sekaligus memperingati kemerdekaan Indonesia dari jajahan kolonial Belanda. Tempat ibadah ini didominasi susunan balok-balok yang terinspirasi dari gaya bangunan Soviet. Ruang salat utama berbentuk bujur sangkar dengan 12 pilar besar. Pilar ini sebagai penyangga kubah utama dengan diameter hingga 45 meter. Bentuknya yang sangat ikonik, merupakan situs sejarah yang patut dipertahankan.


9. Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Palestina/Israel 



Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci agama Islam di Kota Tua Yerusalem. Masjid ini dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam. Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj. Salah satu ciri khas Masjid Al Aqsa adalah kubah berwarna abu-abu yang terlihat menonjol.


10.Masjid Al Nabawi, Madinah, Saudi Arabia



Tempat ini merupakan tempat suci kedua dalam Islam, dan masjid terbesar kedua setelah Masjid Al Haram di Mekkah. Salah satu tempat terpenting di masjid ini adalah The Green Dome, atau Kubah Hijau (bagian tengah masjid); di mana makam Nabi Muhammad berada. Al Nabawi memiliki 10 menara, dengan tinggi masing-masing mencapai 105 meter.


11. Masjid Al Haram, Mekah, Saudi Arabia



Inilah masjid terbesar dan tersuci di dunia; memiliki 9 menara dan telah mengalami beberapa kali renovasi serta penambahan bangunan. Di sinilah terdapat Ka'bah, tempat paling suci bagi umat Islam. Setiap tahunnya, lebih dari satu juta peziarah datang ke sini untuk menunaikan ibadah Haji. Umat Islam percaya, Ka'bah merupakan bangunan pertama yang didirikan di bumi oleh Nabi Adam, dilanjutkan Nabi Ibrahim dan terakhir, Nabi Muhammad.

comments


1-10 of 32