Ramadhan‎ > ‎

Teh Khasmir, Pilihan Muslim Bihar untuk Berbuka Puasa

posted Aug 15, 2011, 2:14 AM by ahmad fauzi
Teh Kashmir
PATNA - Penjualan teh khusus asal Khasmir meningkat selama Ramadhan di Patna, negara bagian Bihar, India. Pasalnya, umat Muslim di kota itu selama bulan suci Ramadhan lebih memilih untuk berbuka puasa dengan minum teh Kashmir, atau masyarakat setempat menyebutnya teh shir, bukan air minum biasa.

Teh ini telah mendapatkan popularitas di kota Patna. Sebagian meyakini, teh shir memberi mereka energi baru dan membantu untuk merevitalisasi tubuh.

Mohamad Sabbaruddin, pembuat teh yang sudah menekuni bisnis ini selama 40 tahun terakhir, menunjukkan bahwa umat berpuasa selama bulan ini merasa lemah setelah kelaparan sepanjang hari. Tehnya, membantu mereka untuk mengembalikan energi.

Dia mengatakan persiapan teh ini membutuhkan proses yang panjang. "Teh yang kita buat dibuat dengan daun teh Kashmir. Jadi, ini sebenarnya adalah teh Kashmir. Kami juga menyebutnya 'teh shir," katanya.

Penikmatnya menyatakan teh ini berbeda dari teh biasa karena memiliki banyak buah-buahan kering dan rempah-rempah yang ditambahkan ke dalamnya, yang membuatnya menjadi sangat menyegarkan.

"Perbedaan antara bentuk-bentuk lain dari teh adalah bahwa, dalam teh ini, berbagai rempah-rempah dan buah-buahan kering ditambahkan untuk meningkatkan cita rasanya. Biasanya, minuman teh ya hanya terdiri dari air dan daun teh saja," kata Mohamad Ilam, salah satu penggemar teh shir.

Yang menarik, untuk menikmati teh shir ini, mereka jarang menyiapkannya sendiri di rumah. Menjelang buka, kaum Muslim mengunjungi pasar untuk menikmati teh Kashmir. [-republika-]
Comments